You are currently viewing Ulasan Laptop HP Pavilion Plus 14 Ultra Portable Notebook

Ulasan Laptop HP Pavilion Plus 14 Ultra Portable Notebook

HP Pavilion Plus 14, yang sebelumnya kurang menarik perhatian, kini melonjak popularitasnya dengan pembaharuan signifikan pada versi terbarunya. Tahun lalu, Pavilion Plus pertama kali menampilkan layar OLED, tetapi harganya yang tinggi dan desain yang biasa membuatnya tidak begitu mencolok. Namun, pada tahun ini, HP kembali meredesain Pavilion Plus dengan peningkatan yang signifikan.

Desain Ramping dengan Material Berkualitas Tinggi

Desain Pavilion Plus yang baru lebih ramping dan ringan, dengan menggunakan bahan metal pada seluruh permukaannya, termasuk bagian luar, dalam, dan bagian bawah yang terbuat dari metal daur ulang. Secara keseluruhan, kualitas pembuatannya cukup baik. Layarnya berukuran 14 inci dengan resolusi 2.8K OLED dan refresh rate 120Hz, yang menarik karena mendukung Dynamic Refresh Rate, memungkinkan layar berubah antara 60 hingga 120Hz untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Laptop HP Pavilion Plus 14

Meskipun bezel layarnya masih agak tebal, hal ini sebagian besar disebabkan oleh keberadaan webcam 5 megapiksel yang memiliki kualitas baik. Pavilion Plus 14 hadir dalam tiga warna yang menarik: natural silver, tranquil pink, dan Moonlight blue.

Keyboard dan Konektivitas

Keyboard Pavilion Plus masih menggunakan warna yang serasi dengan permukaannya, dengan font yang mengikuti tren terkini. Keberadaan tombol khusus untuk page up, page down, home, dan end di sebelah kanan touchpad memberikan kenyamanan tambahan. Sayangnya, tidak ada fingerprint scanner, tetapi pengguna dapat mengandalkan pengenalan wajah IR untuk Windows Hello.

Dari segi konektivitas, Pavilion Plus 14 menyediakan dua USB 3.2 Gen 2 Type-C, HDMI port, USB 3.2 Gen 2 Type-A, dan audio combo jack di sisi kanan. Di sisi kiri, terdapat satu USB 3.2 Gen 1 Type-A. Laptop ini menggunakan charging Type-C 65 Watt.

Baca Juga : Hal Yang Harus di Pertimbangkan Sebelum Upgrade SSD !

Performa Tinggi dengan Prosesor Ryzen Terbaru

Spesifikasi Unggulan

Dalam hal spesifikasi, Pavilion Plus 14 didukung oleh Ryzen 7 7840U dengan arsitektur Zen 4 dan iGPU yang lebih powerful. Dengan RAM LPDDR5X 16GB dan SSD PCIe 4.0 1TB, laptop ini menawarkan kinerja yang tangguh. Meskipun dalam uji Cinebench R15 performa Ryzen 7 tampak setara dengan Ryzen 7 6000 Series, namun di Cinebench R23, Zen 4 terlihat lebih kuat pada multi-core. Sayangnya, ada sedikit kekhawatiran terkait konsistensi performa dan throttling.

Grafis dan Sistem Pendingin

Meskipun Pavilion Plus 14 tidak dirancang khusus untuk gaming, laptop ini mampu menangani game ringan dengan baik. Dengan Radeon 780M, performa grafisnya melampaui GTX 1650 Max-Q. Sistem pendingin yang menggunakan dua fan dan satu heat pipe juga berhasil menjaga suhu CPU dan surface laptop tetap stabil saat di bawah tekanan.

Baca Juga : Review Axio Pongo 725: Laptop Gaming Lokal dengan Performa Maksimal

Daya Tahan Baterai dan Fitur Tambahan

Ultra Portable untuk Produktivitas Sehari-hari

Baterai Pavilion Plus 14 mampu bertahan hingga 9,5 jam, menjadikannya pilihan yang baik untuk kebutuhan produktivitas sehari-hari. Kamera 5 megapiksel dengan fitur-fitur canggih seperti enhance lighting, privacy shutter, dan fitur AI dari Ryzen membuatnya unggul di segmen kameranya.

Meskipun Pavilion Plus 14 tidak termasuk USB 4, harga yang kompetitif, layar OLED yang menakjubkan, dan performa yang handal membuatnya menjadi pesaing serius di pasar laptop 14 inci. Dalam segala hal, Pavilion Plus 14 menawarkan paket lengkap dengan kualitas pembuatan yang baik, performa yang mumpuni, dan fitur-fitur inovatif yang membuatnya layak dipertimbangkan untuk pengguna yang mencari laptop portable yang dapat diandalkan.

Leave a Reply