Superpoze Live at La Gaîté Lyrique for Culturebox

Superpoze live | Dailymotion/Culturebox

Sumbubotol.com – Superpoze adalah seorang musisi elektronik asal Prancis. Saya suka dengan alunan musik yang dibuatnya. Membuat diri sedikit lebih tenang dari derasnya arus mimpi, angan, dan harapan.

Saya pertama kali melihatnya di channel YouTube Boiler Room. Saat itu Superpoze bermain menggunakan CDJ. Namun saya tak terlalu tertarik dengannya, entah karena dari medium yang digunakan maupun genre musiknya saat itu.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, lewat Spotify, saya mencoba berusaha untuk memahaminya. Setelah dua tiga lagu, baru saya tahu jika pria yang belajar tentang drum di Conservatoire de Paris ini punya cara ajaib untuk menghembuskan nuraninya ke dalam sebuah musik.

Belum lagi saat saya melihat permainannya di Culturebox. Ia kali ini tak menggunakan medium CDJ. Saya memang dulunya tak terlalu tertarik dengan musisi elektronik yang menggunakan perangkat CDJ, begitu juga vinyl. Menurut saya waktu itu, produser keren adalah mereka yang memakai controller dan memainkannya menggunakan Ableton Live, bukan oleh Traktor atau Serato.

Namun kini semuanya berbeda. Medium bukan menjadi masalah. Nilai yang ingin disampaikannya lah yang jauh lebih utama.

Suguhan Superpoze untuk Culturebox pada 26 November 2015 di La Gaîté Lyrique cukup memukau. Kamu bisa saja berkontemplasi menggunakan iringan musiknya. Memakainya untuk meditasi, atau sekedar pendamping tidur maupun teman ketika membaca buku.

Soal tata panggung pertunjukkan kali ini, Superpoze dan perangkatnya disembur cahaya temaram dilingkupi oleh pekatnya gelap. Sebuah kondisi yang semakin melahirkan kesan menenangkan dari lantunan musik elektronik yang lirih.

Video ini awalnya bisa dicari di YouTube. Namun semenjak beberapa bulan yang lalu saya baru sadar ternyata sudah tidak bisa ditemukan lagi. Kasus yang sama juga dialami pada video live French 79.

Beruntung bagi saya, Culturebox juga mengunggah video ini di Dailymotion.

Comments

comments