You are currently viewing Fitur Menarik HP Android Sharp Aquos Sense8

Fitur Menarik HP Android Sharp Aquos Sense8

Pada Selasa, 16 Januari 2024, Sharp merilis smartphone terbarunya di Indonesia, yaitu Android Aqua Sense 8. Sebagai perangkat kelas menengah, Aqua Sense 8 membawa sejumlah fitur menarik dalam aspek chipset, kamera, dan desainnya.

Desain Tangguh dan Sertifikasi Militer

Desain smartphone ini dilengkapi dengan sertifikasi militer hingga 15 standar, menjadikannya tahan terhadap kejatuhan, air, debu, suhu tinggi, dan uji ketahanan lainnya. Keberadaan fitur ini memberikan keamanan ekstra bagi pengguna yang sering beraktivitas di lingkungan yang menantang.

Chipset Snapdragon 6 Gen 1 Pertama di Indonesia

Aqua Sense 8 menandai kehadiran chipset Snapdragon 6 Gen 1 pertama di Indonesia. Qualcomm meluncurkan chip ini pada akhir tahun 2022 dengan CPU clock speed hingga 2,2 GHz dan fabrikasi 4nm. Dominicus Susan, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, menekankan bahwa meskipun merupakan chip kelas menengah, Snapdragon 6 Gen 1 mampu memberikan kinerja tinggi untuk bermain game, mengambil foto, bekerja, dan multitasking, sambil tetap menjaga efisiensi daya baterai.

Fitur Sharp Aquos Sense8

Layar Exo OLED dengan Refresh Rate Dinamis

Layar Exo OLED Aqua Sense 8 menawarkan refresh rate dinamis yang menyesuaikan diri dengan konten yang ditampilkan. Dengan refresh rate 90 Hz yang dapat meningkat hingga 180 Hz, layarnya memiliki kecerahan sebesar 1300 nits dan resolusi HD Plus. Teknologi Exo OLED membuat pengalaman menonton dan bermain game lebih imersif.

Sistem Kamera Canggih dengan OIS

Aqua Sense 8 dilengkapi dengan kamera belakang ganda, termasuk kamera utama 50 MP dengan sensor berukuran nyaris 1 inci. Fitur stabilisasi OIS memberikan stabilitas pada gambar atau video yang diambil, sementara kamera Ultra Wide 8 MP menawarkan fitur Zoom optic 2x dan IQ engine proix 5 untuk mengambil foto dalam format HDR.

Fitur Keamanan dan Ketahanan

Dengan sertifikasi ketahanan militer hingga 15 standar, Aqua Sense 8 diklaim sebagai handphone tahan banting. Sertifikasi ini termasuk mil STD 810h untuk ketahanan guncangan dan mil STD 810g untuk uji kejatuhan. Smartphone ini dapat menahan beban hingga 6 kg dan tahan air hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit.

Baca Juga : Evolusi Canggih: Mengulas Fitur Terbaru Kamera X7 Ultra di Tahun Ini

Fitur SIM Elektronik (eSIM) Inovatif

Aqua Sense 8 juga dilengkapi dengan fitur eSIM atau SIM elektronik, memungkinkan pengguna untuk langsung menggunakan kartu SIM tanpa memerlukan SIM fisik. Fitur ini memberikan kenyamanan ekstra, meskipun belum semua operator di Indonesia mendukungnya.

RD, Head of Marketing Smartphone di PT Sharp Ronics Indonesia, menjelaskan bahwa Aqua Sense 8 memungkinkan pengguna di Indonesia memanfaatkan fitur eSIM tersebut. Meskipun lebih ke arah perangkat lunak untuk mendeteksi eSIM, fitur ini dapat mendukung kedua jenis kartu SIM.

Sebagai informasi tambahan, beberapa operator di Indonesia seperti Smartfren, Indosat, dan XL Axiata sudah menyediakan fitur eSIM, sementara Telkomsel masih menunggu regulasi terkait yang akan disetujui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

SPesifikasi Fitur SIM Elektronik (eSIM) Inovatif

Fitur SIM Elektronik (eSIM) adalah teknologi terkini dalam hal manajemen kartu SIM pada perangkat seluler. Berbeda dengan SIM fisik tradisional yang harus dipasang secara fisik pada slot kartu SIM, eSIM merupakan chip kecil yang tertanam secara elektronik dalam perangkat, biasanya di dalam modul chipset atau perangkat seluler itu sendiri.

Berikut adalah beberapa fitur inovatif dari eSIM:

  1. Tanpa Butuh SIM Fisik
    Pengguna tidak perlu lagi mengganti kartu fisik jika ingin mengganti operator atau mendapatkan layanan seluler baru. Cukup dengan melakukan aktivasi eSIM, perangkat dapat langsung terhubung ke jaringan yang diinginkan.
  2. Kemudahan Penggunaan
    Aktivasi eSIM dapat dilakukan dengan mudah melalui pengaturan perangkat, tanpa perlu membuka atau mengganti kartu SIM secara manual. Hal ini memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna.
  3. Dukungan untuk Beberapa Operator
    Dengan eSIM, perangkat dapat mendukung beberapa operator seluler secara bersamaan. Pengguna dapat memiliki beberapa profil operator pada satu perangkat dan beralih di antara mereka sesuai kebutuhan.
  4. Cocok untuk Perangkat Kecil
    eSIM sangat cocok untuk perangkat seluler yang lebih kecil, seperti smartwatch, earbuds pintar, dan perangkat IoT (Internet of Things), di mana ruang terbatas menjadi pertimbangan utama.
  5. Peningkatan Keamanan
    Meskipun tidak sepenuhnya bebas dari risiko keamanan, eSIM dapat memberikan tingkat keamanan tambahan karena tidak mungkin dicuri atau digandakan secara fisik seperti SIM tradisional.
  6. Pembaruan Jarak Jauh
    Operator seluler dapat melakukan pembaruan atau perubahan pada profil eSIM dari jarak jauh. Ini mengurangi ketergantungan pada penggantian kartu fisik untuk mendapatkan layanan baru atau pembaruan konfigurasi.
  7. Lingkungan dan Efisiensi
    Dengan menghilangkan kebutuhan untuk memproduksi dan memasang kartu SIM fisik, eSIM dapat membantu mengurangi limbah elektronik dan meningkatkan efisiensi dalam proses produksi dan distribusi perangkat seluler.

Walaupun eSIM menawarkan berbagai keunggulan, penggunaan dan dukungan eSIM mungkin berbeda-beda tergantung pada negara, operator seluler, dan jenis perangkat. Beberapa negara dan operator mungkin masih dalam tahap pengadopsian eSIM dan belum sepenuhnya mendukung fitur ini.

Demikianlah informasi terbaru mengenai Android Sharp Aquos Sense8 kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply