You are currently viewing Cara Lengkap Backup Dan Mengembalikan Data WhatsApp

Cara Lengkap Backup Dan Mengembalikan Data WhatsApp

Assalamualaikum, teman-teman! Semoga kalian semua dalam keadaan baik. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi panduan lengkap tentang cara melakukan backup data WhatsApp. Proses ini mencakup semua jenis data, mulai dari foto, video, hingga chat yang tersimpan di dalamnya.

Mengapa Harus Melakukan Backup WhatsApp?

Backup WhatsApp menjadi langkah yang sangat penting, terutama ketika kita akan melakukan perpindahan perangkat atau mengganti Aplikasi WhatsApp, misalnya dari aplikasi WhatsApp resmi ke WhatsApp mod. Selain itu, ada beberapa tujuan lainnya yang membuat proses ini sangat diperlukan.

Cara Backup Data WhatsApp

Langkah 1: Buka Pengaturan WhatsApp

Buka Aplikasi WhatsApp dan klik pada ikon tiga titik di bagian kanan atas layar untuk mengakses menu pengaturan.

Langkah 2: Pilih Pengaturan dan Cadangan Chat

Dalam menu pengaturan, pilih opsi “Setelan” dan lanjutkan dengan memilih “Chat.” Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Cadangan chat.”

Langkah 3: Tempat Pencadangan

Pilih tempat penyimpanan untuk backup data. Ada dua opsi utama: menggunakan akun Google Drive atau menyimpan cadangan di perangkat atau HP sendiri.

Cadangkan ke Google Drive

Pilih akun Google untuk menyimpan cadangan. Selanjutnya, atur frekuensi backup (harian, mingguan, bulanan) dan metode cadangan (otomatis atau manual). Pastikan untuk mempertimbangkan apakah ingin menyertakan video dalam backup.

Cadangkan di Perangkat

Alternatifnya, cadangkan data hanya di perangkat atau HP sendiri untuk memastikan keamanan data tanpa risiko terhapus.

Langkah 4: Selesai Mencadangkan

Tekan tombol “Cadangkan” dan tunggu hingga proses mencapai 100%.

Baca Juga : Cara Efektif Memperbaiki Foto Wajah yang Blur dengan Mudah Menggunakan AI

Langkah 5: Mengamankan File Backup

Meskipun telah mencadangkan data, langkah berikutnya adalah mengamankan file backup. Unduh aplikasi File Manager dari link yang tersedia di deskripsi video.

Langkah 6: Menemukan dan Pindahkan Folder WhatsApp

Buka penyimpanan internal dan cari folder WhatsApp. Jika tidak ditemukan, cek di folder Android dan pilih media. Pindahkan folder com.whatsapp ke perangkat baru atau lokasi yang diinginkan.

Langkah 7: Hapus Data atau Ganti Versi WhatsApp

Jika hendak menghapus data WhatsApp atau mengganti versi, pindahkan folder WhatsApp ke tempat lain, misalnya folder alarm. Selanjutnya, lakukan proses bongkar atau hapus data tanpa khawatir kehilangan backup.

Baca Juga : Cara Mengakses PC dan Server dari Mana Saja Menggunakan Cloudflare tunnel

Langkah 8: Mengembalikan Data

Instal kembali WhatsApp dan ikuti proses login. Sebelum login, pastikan untuk mengembalikan folder WhatsApp ke lokasi semula. Dengan melakukan ini, kita dapat memulihkan data dengan mudah.

Demikianlah Cara lengkap cara backup dan restore data WhatsApp. Semoga bermanfaat bagi kalian yang hendak memindahkan data atau berganti versi WhatsApp. Terima kasih atas perhatiannya, dan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply